Hit-Id.com - PTC Indonesia

Jumat, 24 Januari 2014

Manfaat Jus Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan

Posted by Aneka Juice Buah Segar On 02.16

Jambu biji memiliki nama latin Psidium guajava dan termasuk dalam keluarga Myrtaceae. Di beberapa daerah di Indonesia, jambu biji dikenal dengan nama jambu siki atau jambu klutuk. Nama jambu klutuk diberikan karena ketika dimakan, bijinya keras berbunyi klutuk klutuk.
http://my-juice.blogspot.com/
Buah jambu biji memiliki rasa yang manis meski ada juga yang rasanya sangat asam. Daging buahnya berwarna merah muda ada juga yang putih. Bijinya keras, sangat banyak dan kecil-kecil. Akan tetapi, sekarang ada varietas unggul dimana rasanya sangat manis dan hampir tanpa biji.

http://my-juice.blogspot.com/
Jambu biji banyak mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, jambu biji juga mengandung vitamin B, A, Kalsium, Fosfor, Besi, Dan Pektin. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam jambu biji cukup baik untuk memperlancar pencernaan. Pencernaan yang lancar akan membawa kotoran yang tidak terserap usus sehingga tidak akan muncul deposit kotoran yang mengakibatkan keadaan tidak sehat didalam saluran pencernaan.
http://my-juice.blogspot.com/
Kandungan serat yang cukup tinggi pada jambu biji cukup baik untuk memperlancar pencernaan. Sementara itu, manfaat pektin dalam jambu biji adalah untuk menurunkan kolesterol karena pektin mampu mengikat kolesterol dan asam empedu dalam usus serta membantu mengeluarkannya. Jus jambu biji membantu menurunkan rasa panas dan menghilangkan sembelit dan haus. Minum jus jambu biji segelas seharisecara rutin pada malam hari membuat pencernaan sehat dan tubuh segar
http://my-juice.blogspot.com/
Manfaat jus jambu biji merah yang lain adalah antiinflamasi atau anti peradangan. Kandungan lutein dan cryptoxanthin pada jambu merah mampu mencegah terjadinya radang pada organ pencernaan, gusi serta saluran pencernaan lain, sehingga perdarahan yang kerap menyertai radang bisa dihindari. Perbanyak konsumsi buah dan sayur harian agar kondisi kesehatan tubuh tetap terjaga.
http://my-juice.blogspot.com/
Buah Jambu yang digemari oleh masyarakat umumnya yang berdaging lunak dan tebal, rasanya manis, berbiji sedikit dan buahnya berukuran besar. Beberapa jenis jambu biji yang diunggulkan antara lain jambu Pasar Minggu, Jambu Bangkok, jambu Palembang, jambu sukun, jambu apel, jambu sari, jambu merah dan jambu merah getas.
http://my-juice.blogspot.com/
Manfaat jus jambu biji :
  1. Jambu merah dipercaya dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah karena kandungan mineral tembaga yang relatif besar, sehingga sering digunakan dalam pengobatan penyakit demam berdarah.
  2. Selain berguna untuk mencerahkan warna kulit, kadar likopen dalam jambu merah juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem immun tubuh terhadap serangan penyakit. Likopen merupakan salah satu jenis senyawa fitokimia atau fitonutrien yang bersifat antioksidan serta berguna untuk menangkal efek negatif radikal bebas hasil oksidasi makanan atau minuman yang berasal dari oksigen singlet (singlet oxygen quenching) dan oksidator lain.
  3. Kandungan vitamin C pada jambu merah relatif lebih tinggi dibandingkan buah-buahan lain, lebih tinggi dari buah jeruk, dan jauh lebih tinggi daripada kiwi yang disebut-sebut sebagai rajanya vitamin C. Vitamin C juga merupakan salah satu jenis antioksidan yang berguna untuk meningkatkan sistem immun tubuh. Vitamin C juga berguna untuk melenturkan jaringan kulit sekaligus mencerahkannya, sehingga kulit akan senantiasa elastis dan bercahaya.  Di samping serat, terutama pektin yang merupakan serat larut, jambu biji juga mengandung mineral seperti mangan dan magnesium, serta asam amino esensial seperti tryptophan. Juga fitokimia berkhasiat seperti asam elagat, asam linoleat, dan asam korbigen. Berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi, buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila dikonsumsi saat menderita radang tenggorok atau flu, akan mempercepat penyembuhan akibat infeksi.
  4. Salah satu manfaat jus jambu merah yang lainnya adalah sumber serat. Sumber serat yang dikandungnya mampu memperlancar proses pencernaan dan mampu melindungi membran mukosa usus dari inflamasi atau peradangan. Serat pektin yang terkandung dalam jambu merah mempunyai manfaat dalam menurunkan tingkat kolesterol serta menurunkan tekanan darah penderita hipertensi.
  5. Jambu biji kaya akan astringent yang bersifat alkali dan memiliki manfaat sebagai desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan diare atau disentri yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba atau bakteri.
  6. Kandungan Vitamin B3 dan B6 dalam jambu merah atau dikenal juga dengan niasin dan pyridoxine merupakan senyawa yang bermanfaat untuk menutrisi jaringan otak dan syaraf.  
  7. Kandungan vitamin C yang tinggi serta senyawa flavonoid membuat jambu biji memiliki sifat antioksidan yang kuat yang mampu menghambat produksi nitrosamin, zat pemicu kanker. Vitamin C yang cukup dalam darah juga mendorong kerja selenium dalam menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar. Likopen dalam jambu merah mampu menghambat oksidasi lemak sehingga mencegah kanker.
  8. Kadar kalium pada jambu biji membantu jantung berdetak lebih teratur. Kandungan asam elagat, asam linoleat, asam korbigen, dan juga serat mampu mengikat lemak sehingga menghindari terbentuknya plak, penyebab jantung koroner.
  9. Jambu biji memiliki 165 miligram vitamin C dan Sementara, satu jeruk hanya mengandung 69 mg saja. Kandungan vitamin C pada jambu biji ini efektif dalam mengobati infertilitas pria.
  10. Konsumsi jus jambu biji untuk merawat gusi, mengatasi gusi bengkak dan berdarah.
http://my-juice.blogspot.com/
Kandungan Gizi dalam 100 gram buah jambu biji.
  • Energi 49 kal
  • Protein 0,9 g
  • Lemak (0,3) g
  • Karbohidrat 12,2 g
  • Serat 5,6 g
  • Kalsium 14 mg
  • Fosfor 28 mg
  • Zat Besi 1,1 mg
  • Vitamin A 25 IU
  • Vitamin B1 0,02 mg
  • Vitamin C 87 mg
  • Air 86 g
http://my-juice.blogspot.com/
Dibandingkan dengan apel, buah jambu biji merah ini memiliki 38 persen lemak dan 42 persen kalori yang lebih sedikit, Berikut ini tabel gambar perbandingan nilai gizi antara tanaman Sirsak, Jambu Biji, bauh Mangga dan Asam Jawa yang dikutip dari situs usda.gov
Gambar Tabel Nilai gizi
http://my-juice.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar